Tuesday, 12 February 2013

Hindari Makanan Ini Jika Lambung anda ingin Sehat !



Gaya hidup tak sehat sudah jelas mengundang banyak penyakit. Tapi bagaimana jika penyebabnya karena waktu tidur yang tidak sesuai (begadang)? Makanan sehat yang kaya vitamin dan nutrisi ini pun akhirnya menyebabkan pembentukan asam lambung Anda.

Terlambat tidur menjadi penyebab utama Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), umumnya dikenal sebagai penyakit lambung karena adanya refluks asam dan refluks muntah. Refluks ini biasa terjadi karena Lower Esophageal Sphincter (LES) --cincin otot yang menutup pintu lambung dari kerongkongan-- tidak berfungsi dengan baik. Dengan kata lain, makanan yang telah masuk ke lambung, terdorong kembali keluar karena LES tidak menutup (melonggar).

Hal ini dapat memunculkan gejala seperti nyeri ulu hati, asam lambung naik, dan rasa panas di tenggorokan. Oleh karena itu, untuk menghindari munculnya refluks di pagi hari, sebaiknya Anda menghindari daftar makanan ini, di malam hari seperti dikutip dalam halaman Boldsky berikut ini:

Makanan Pedas

Ini merupakan salah satu rasa terfavorit. Tak ayal selain membangkitkan selera makan, rasa pedas juga mampu menciptakan sensasi rasa tersendiri. Namun dibalik itu, makanan pedas ternyata dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Ini disebabkan karena rempah-rempah dalam makanan pedas memiliki kadar asam tinggi, sama seperti lambung Anda.

Jadi, jika ingin mengkonsumsi makanan pedas, sebaiknya jangan berlebihan, dan hindari mencampurnya dengan makanan berminyak (gorengan). Hal ini dikarenakan juga merupakan salah satu makanan berlemak jenuh, sulit dicerna, serta meninggalkan asam pada pencernaan Anda.

Cokelat

Bagi Anda pecinta cokelat, sebaiknya mulailah mengkonsumsinya dalam jumlah moderat. Ini disebabkan cokelat mampu memicu refluks asam, karena cokelat mengandung kafein, kakao, dan zat theobromine--zat yang menstimulasi jaringan syaraf--  yang menyebabkan kadar asam lambung meningkat.

Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi ini menjadi pemicu gangguan lambung. Efek karbonasi ini dapat memicu perut menjadi kembung yang berujung pada ketidaknyamanan tubuh. Hal ini dapat memicu refluks, apalagi jika Anda mengkonsumsinya saat akan beranjak tidur.

Susu

Pada dasarnya susu merupakan minuman terbaik bagi tubuh, karena memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan juga baik untuk menetralkan asam lambung. Namun ketika Anda mengkonsumsinya usai makan, maka refluks dapat saja terjadi. Ini karena kandungan lemak dan asam yang terdapat pada susu.

Tomat

Dalam sebuah penelitian, kandungan lycopene pada tomat mampu melindungi Anda dari risiko penyakit jantung dan kolesterol. Dibalik itu, tomat ternyata mengandung rasa asam yang dapat memicu peningkatan asam lambung.

Kafein
Kopi dan teh (mint) merupakan beberapa minuman yang mengandung kafein. Beberapa peneliti percaya bahwa mengkonsumsi minuman ini sebelum tidur, dapat menyebabkan refluks asam lambung Anda.

0 comments

Post a Comment

- Dilarang Berbicara Kotor, Kasar dan Berbau SARA

- Komentarlah Dengan Baik Dan Sopan